PENGARUH KEBUDAYAAN TERHADAP PEMBELIAN DAN KONSUMSI
Budaya adalah suatu kebiasaan yang dijalani oleh sekelompok
manusia dalam kehidupan sehari-hari dan dilakukan secara terus menerus bahkan
diwariskan ke anak cucu sekelompok manusia tersebut, Kebudayaan juga
mempenggaruhi pengambilan keputusan oleh konsumen. Dikatakan bila Faktor budaya
memberikan pengaruh paling luas dan dalam pada perilaku konsumen karena Budaya
merupakan kumpulan nilai-nilai dasar, persepsi, keinginan dan perilaku yang
dipelajari oleh seorang anggota masyarakat dari keluarga dan lembaga penting
lainnya.
Pada tiap kebudayaan terdiri dari sub-budaya – sub-budaya
yang lebih kecil yang memberikan identifikasi dan sosialisasi yang lebih lengkap
untuk para anggota. Sub-budaya dibedakan menjadi empat jenis: kelompok
nasionalisme, kelompok keagamaan, kelompok ras, area geografis.
Dari sub-budaya tersebut produsen dapat membedakan atau
memisahkan pasar menjadi heterogen untuk menentukan sasaran konsumen. Dari setiap
kebiasaan yang ada konsumen dapat dibedakan berdasarkan kelas-kelas sosial yang
terjadi dimasyarakat, seperti kelas sosial yang terbentuk dari pendapatan yang berbeda dari setiap individu,
ada yang berpendapatan tinggi maupun rendah.
Pengaruh Budaya Yang Tidak Disadari
Dengan adanya kebudayaan, perilaku konsumen mengalami perubahan . Dengan memahami beberapa bentuk budaya dari masyarakat, dapat membantu pemasar dalam memprediksi penerimaan konsumen terhadap suatu produk. Pengaruh budaya dapat mempengaruhi masyarakat secara tidak sadar.
Dengan adanya kebudayaan, perilaku konsumen mengalami perubahan . Dengan memahami beberapa bentuk budaya dari masyarakat, dapat membantu pemasar dalam memprediksi penerimaan konsumen terhadap suatu produk. Pengaruh budaya dapat mempengaruhi masyarakat secara tidak sadar.
Faktor-faktor kebudayaan Terhadap Pembelian dan Konsumsi
yaitu : Faktor Budaya, Pengaruh Budaya yang dapat Memuaskan Kebutuhan, Variasi
Nilai Perubahan dalam Nilai Buadya Terhadap Pembelian dan Konsumsi,
Dalam hal ini budaya
mempengaruhi prilaku konsumen, dengan contohnya saat mulai masuknya hari natal
orang beragama kristen yang berkemampuan berbondong-bondong membeli hiasan
natal untuk di pajang dirumahnya. Itu adalah sedikit contoh dari kebudayaan
yang sudah lama dijalankan oleh masyarakat, jadi memang nyatanya budaya disini
sangat berpengaruh terhadap pembelian konsumen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar