Segmentasi pasar
Sering kita mendengar tentang kata segmentasi pasar. Apasih segmentasi
pasar itu? Segmentasi pasar adalah
pengelompokan pasar berdasarkan kesamaan dan keterkaitan yang sama. Apa sih
tujuan segmentasi pasar itu? Tujuannya adalah mengkonsentrasikan usaha dalam
pemasaran dan mendorong pembagian utuk mendapatkan keuntungan yang kompetitif
dalam segmen tersebut.setiap segmen pasar memerlukan karektiristik atau
fitu-fitur yang berbeda, bahkan mungkin distribus yang berbeda.
Sarat identifikasi segmentasi pasar mencakup: homogen dalam
pasar, heterogen antar segmen, segmen dapat diukur dan penting, segmen dapat
dibedakan dengan jelas dengan segmen yang lainnya, segmen dapat di tindak
lanjuti oleh perusahaan, dan terakhir segmen haruslah dapat menjadi sasaran
yang menguntungkan.
Sejumlah variabel yang digunakan
dalam segmentasi pasar adalah variabel geografis, variabel demografi, variabel
psikografi, dan variabel prilaku.dan berdasrkan tipenya segmentasi pasar dibagi
dalam beberapa tipe diantaranya tipe-tipe itu adalah segmentasi geografis,
segmentas distribusi, segmentasi media, segmentasi harga, segmentasi
demografis, segmentasi waktu, dan segmentasi gaya hidup (psikografi).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar