Minggu, 11 November 2012

PENGARUH KEBUDAYAAN TERHADAP PEMBELIAN DAN KONSUMSI


PENGARUH KEBUDAYAAN TERHADAP PEMBELIAN DAN KONSUMSI
Budaya adalah suatu kebiasaan yang dijalani oleh sekelompok manusia dalam kehidupan sehari-hari dan dilakukan secara terus menerus bahkan diwariskan ke anak cucu sekelompok manusia tersebut, Kebudayaan juga mempenggaruhi pengambilan keputusan oleh konsumen. Dikatakan bila Faktor budaya memberikan pengaruh paling luas dan dalam pada perilaku konsumen karena Budaya merupakan kumpulan nilai-nilai dasar, persepsi, keinginan dan perilaku yang dipelajari oleh seorang anggota masyarakat dari keluarga dan lembaga penting lainnya.
Pada tiap kebudayaan terdiri dari sub-budaya – sub-budaya yang lebih kecil yang memberikan identifikasi dan sosialisasi yang lebih lengkap untuk para anggota. Sub-budaya dibedakan menjadi empat jenis: kelompok nasionalisme, kelompok keagamaan, kelompok ras, area geografis.
Dari sub-budaya tersebut produsen dapat membedakan atau memisahkan pasar menjadi heterogen untuk menentukan sasaran konsumen. Dari setiap kebiasaan yang ada konsumen dapat dibedakan berdasarkan kelas-kelas sosial yang terjadi dimasyarakat, seperti kelas sosial yang terbentuk dari  pendapatan yang berbeda dari setiap individu, ada yang berpendapatan tinggi maupun rendah.
Pengaruh Budaya Yang Tidak Disadari
Dengan adanya kebudayaan, perilaku konsumen mengalami perubahan . Dengan memahami beberapa bentuk budaya dari masyarakat, dapat membantu pemasar dalam memprediksi penerimaan konsumen terhadap suatu produk. Pengaruh budaya dapat mempengaruhi masyarakat secara tidak sadar.
Faktor-faktor kebudayaan Terhadap Pembelian dan Konsumsi yaitu : Faktor Budaya, Pengaruh Budaya yang dapat Memuaskan Kebutuhan, Variasi Nilai Perubahan dalam Nilai Buadya Terhadap Pembelian dan Konsumsi,
 Dalam hal ini budaya mempengaruhi prilaku konsumen, dengan contohnya saat mulai masuknya hari natal orang beragama kristen yang berkemampuan berbondong-bondong membeli hiasan natal untuk di pajang dirumahnya. Itu adalah sedikit contoh dari kebudayaan yang sudah lama dijalankan oleh masyarakat, jadi memang nyatanya budaya disini sangat berpengaruh terhadap pembelian konsumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar