Jumat, 21 Desember 2012

BAB I PENDAHULUAN


BAB I
PENDAHULUAN

1.1   Latar Belakang Masalah

Pada saat ini kita sering melihat masyarakat lebih bangga dan lebih merasa percaya diri ketika mereka menggunakan baju, tas, sepatu, ataupun produk lainnya yang memiliki merek ternama di luar negri. Selain karena alasan kualitas, banyak orang atau masyarakat Indonesia lainya terkadang lebih percaya terhadap produk dari luar dibanding produk lokal yang merendahkan kualitas produk lokal itu sendiri.

Maka dari itu tidak sedikit orang Indonesia yang gagal menjual produk di dalam negri sendiri tapi sukses menjual produknya di luar negri. Bahkan terkadang orang luar lebih percaya terhadap kualitas produk kita dibanding orang Indonesia itu sendiri. Padahal akhir-akhir ini kita sering mendengar seruan yang menyatakan “cintailah produk indonesia”, tetapi itu mungkin hanya sekedar imbauan belaka.

Padahal Indonesia banyak melahirkan produk-produk dari produsen lokal yang terkenal oleh mancanegara, contohnya saja ada bagteria dari produk tas, ada tomkins dar produk sepatu, ada polytron juga tv  produk lokal yang kebanyakan orang mengira itu adalah produk buatan Jepang. Jadi sebenarnya konsumen banyak yang tidak memilih dari kualitasnya, tapi yang dinilai pertama kali adalah tingkat terkenalnya merek tersebut. Apalagi bila brand tersebut adalah merek luar mereka makin bangga dan merasa lebih dihargai.

Padahal banyak produsen baju lokal yang mengekspor produksi baju mereka keluar negeri dan terkadang beberapa produk dalam negeri yang diekspor kemudian diimpor kembali dengan merek yang lebih terkenal dan respon terhadap barang tersebut dari masyarakat lebih bagus. Sebenarnya, produk dalam negeri tidak kalah bersaing dengan produk luar negeri. Produk dalam negeri juga banyak yang berkualitas. Tapi tingkat kepercayaan terhadap produk lokal memang sangat minim. Berbagai fenomena mencengangkan seperti yang telah diuraikan diatas menjadikan perusahaan lokal semakin terpuruk dinegerinya sendiri.

Tapi ada pula produsen lokal yang sukses menjual produk baju mereka diluar negeri yang mungkin orang luar lebih menghargai dan mempercayai kualitas produk kita. Ada beberapa produsen baju asal Bandung yang memang sudah dikenal di mancanegara sebagai pengekspor baju berkualitas. Dan itu memang diakui oleh dunia, jadi seharusnya kita lebih menghargai dan mencintai produk lokal ketimbang produk luar.
1.2   Pokok Permasalahan
Berdasarkan judul dan latar belakang, permasalahan yang akan dihadapi dalam penulisan ini penulis ingin menganalisis mengapa konsumen lebih menyukai produk luar baju fred pery dari pada produk lokal.
1.3 Rumusan  Masalah
Untuk menyelesaikan permasalahan di atas, maka dilakukan pembatasan masalah agar dapat lebih terarah. Dalam penyusunan penulisan ini memberikan batasan-batasan masalah, meliputi:
1.      Menganalisis tingkat kepuasan konsumen terhadap produk luar.
2.      Langkah produsen lokal untuk mendapat kepercayaan dari masyaakat
      1.4 Tujuan Penulisan
Menyadarkan masyarakat betapa pentingnya mencintai produk lokal, selain meningkatkan perekonomian negara, dan juga membantu meningkatkan kepercayaan terhadap produk lokal. Sehingga masyarakat lebih memilih produk lokal dibanding produk luar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar