Minggu, 14 Oktober 2012

segmentasi pasar


Segmentasi pasar

Sering kita mendengar tentang kata segmentasi pasar. Apasih segmentasi pasar itu?  Segmentasi pasar adalah pengelompokan pasar berdasarkan kesamaan dan keterkaitan yang sama. Apa sih tujuan segmentasi pasar itu? Tujuannya adalah mengkonsentrasikan usaha dalam pemasaran dan mendorong pembagian utuk mendapatkan keuntungan yang kompetitif dalam segmen tersebut.setiap segmen pasar memerlukan karektiristik atau fitu-fitur yang berbeda, bahkan mungkin distribus yang berbeda.

Sarat identifikasi segmentasi pasar mencakup: homogen dalam pasar, heterogen antar segmen, segmen dapat diukur dan penting, segmen dapat dibedakan dengan jelas dengan segmen yang lainnya, segmen dapat di tindak lanjuti oleh perusahaan, dan terakhir segmen haruslah dapat menjadi sasaran yang menguntungkan.
Sejumlah variabel yang digunakan dalam segmentasi pasar adalah variabel geografis, variabel demografi, variabel psikografi, dan variabel prilaku.dan berdasrkan tipenya segmentasi pasar dibagi dalam beberapa tipe diantaranya tipe-tipe itu adalah segmentasi geografis, segmentas distribusi, segmentasi media, segmentasi harga, segmentasi demografis, segmentasi waktu, dan segmentasi gaya hidup (psikografi).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar