Teori Etika Bisnis
teori etika bisnis adalah ilmu yang mempelajari tentang
etika yang mengatur nilai dan norma sosial dalam tingkah laku bermasyarakat
agar prilaku antar sesama bisa lebih baik. sedangkan bisnis adalah kegiatan
yang dilakukan oleh individu atau organisasi dalam hal memperjual-belikan
barang dan jasa guna untuk mencari laba atau keuntungan yang sebesar-besarnya.
dalam kaitannya etika bisnis dianggap sebagai suatu
tanggapan tepat atas krisis moral yang terjadi di dunia, Etika Bisnis dalam suatu perusahaan dapat
membentuk nilai, norma dan perilaku karyawan serta pimpinan dalam membangun
hubungan yang sehat dengan pelanggan, pemegang saham, dan masyarakat.
Ada beberapa faktor untuk menciptakan Etika bisnis diantaranya:
1.
Pengendalian diri
2.
Pengembangan tanggung jawab social (social responsibility)
3.
Mempertahankan jati diri dan tidak mudah untuk terombang-ambing oleh pesatnya
perkembangan informasi dan teknologi
4. Menciptakan
persaingan yang sehat
5. Menerapkan
konsep “pembangunan berkelanjutan”
6. Menghindari
sifat 5K (Katabelece, Kongkalikong, Koneksi, Kolusi, dan Komisi)
7. Mampu
menyatakan yang benar itu benar
8. Menumbuhkan
sikap saling percaya antara golongan pengusaha kuat dan golongan pengusaha ke
bawah
9. Konsekuen
dan konsisten dengan aturan main yang telah disepakati bersama
10.
Menumbuhkembangkan kesadaran dan rasa memiliki terhadap apa yang telah
disepakati
11. Perlu
adanya sebagian etika bisnis yang dituangkan dalam suatu hokum positif yang
berupa peraturan perundang-undangan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar