Selasa, 08 Oktober 2013

pengertian teori etika bisnis


Teori Etika Bisnis

teori etika bisnis adalah ilmu yang mempelajari tentang etika yang mengatur nilai dan norma sosial dalam tingkah laku bermasyarakat agar prilaku antar sesama bisa lebih baik. sedangkan bisnis adalah kegiatan yang dilakukan oleh individu atau organisasi dalam hal memperjual-belikan barang dan jasa guna untuk mencari laba atau keuntungan yang sebesar-besarnya.
dalam kaitannya etika bisnis dianggap sebagai suatu tanggapan tepat atas krisis moral yang terjadi di dunia,  Etika Bisnis dalam suatu perusahaan dapat membentuk nilai, norma dan perilaku karyawan serta pimpinan dalam membangun hubungan yang sehat dengan pelanggan, pemegang saham, dan masyarakat.
Ada beberapa faktor untuk menciptakan Etika bisnis diantaranya:
1. Pengendalian diri
2. Pengembangan tanggung jawab social (social responsibility)
3. Mempertahankan jati diri dan tidak mudah untuk terombang-ambing oleh pesatnya perkembangan informasi dan teknologi
4. Menciptakan persaingan yang sehat
5. Menerapkan konsep “pembangunan berkelanjutan”
6. Menghindari sifat 5K (Katabelece, Kongkalikong, Koneksi, Kolusi, dan Komisi)
7. Mampu menyatakan yang benar itu benar
8. Menumbuhkan sikap saling percaya antara golongan pengusaha kuat dan golongan pengusaha ke bawah
9. Konsekuen dan konsisten dengan aturan main yang telah disepakati bersama
10. Menumbuhkembangkan kesadaran dan rasa memiliki terhadap apa yang telah disepakati
11. Perlu adanya sebagian etika bisnis yang dituangkan dalam suatu hokum positif yang berupa peraturan perundang-undangan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar